18 Oktober 2018

Agar Lebih Produktif di Tempat Kerja

Apakah anda merasa selalu terburu-buru? Sudah menghabiskan waktu berjam-jam, tetapi pekerjaan belum selesai juga atau tak sesuai yang diharapkan? Anda harus terus menerus lembur dan kehilangan waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang tercinta?

Barangkali anda membutuhkan waktu untuk diam sejenak dan memikirkan cara mengelola waktu yang lebih efektif agar lebih produktif. Berikut ini sejumlah tips dan trik yang dapat anda pertimbangkan:

Melakukan perencanaan dalam hal yang tak bisa ditawar-tawar termasuk dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Ada ungkapan jika anda gagal merencakan sebenarnya anda merencanakan untuk gagal. Perencanaan yang dimaksud adalah mempertimbangkan baik-baik, apa dan bagaimana anda akan mengerjakan tugas-tugas.

Mulailah dengan yang terbesar. Sama halnya dengan memasukkan bongkahan-bongkahan batu kedalam sebuah wadah, pastikan anda memasukkan yang terbesar dahulu. Baru kemudian yang lebih kecil dapat diselipkan di sela-selanya, hingga akhirnya yang terkecil sekalipun masih bisa dijejalkan sehingga pada akhirnya anda telah memasukkan demikian banyak batu. Demikian pula dengan pekerjaan. Jika anda memulai denga hal-hal kecil dan sepele, bisa jadi pada akhir hari pekerjaan utama malah tak terselesaikan.

Bagilah waktu dalam sehari kedalam bagian-bagian lebih kecil dan tempatkan tugas-tugas dalam tiap-tiap alokasi waktu tersebut. Dengan demikian, anda tahu kapan harus melakukan apa. Jangan lupa untuk memastikan bahwa anda juga harus memasukkan waktu untuk jeda. Memaksa diri untuk terus menerus bekerja justru tidak efektif karena setelah sekian lama anda justru akan merasa lelah dan konsentrasi menurun.

Manfaatkan teknologi. Berterimakasihlah karena dewasa ini terdapat begitu banyak aplikasi yang dapat membantu anda meningkatkan produktivitas kerja. Catatlah rencana kerja dan tugas-tugas yang harus dikerjakan dalam daftar tugas, buatlah alarm pengingat yang akan mengingatkan anda apabila waktunya sudah dekat.

Jangan pernah menunda. Tetaplah kosisten pada rencana dan jadwal yang telah anda susun. Jika anda mulai melanggar rencana yang disusun sendiri, untuk berikutnya semua rencana itu akan sia-sia. Jadi, segera kerjakan apa yang sudah direncanakan dan lihat bagaimana tugas yang menumpuk satu per satu dapat diselesaikan.   


Sumber : Kompas.