03 Februari 2019

Yang Perlu Diperhatikan Saat Merasa Letih Bekerja

Bosan dan merasa letih bekerja sering kali dialami, terlebih oleh mereka bekerja dibalik meja, atau memiliki job desk monoton dan kurang menantang. Bila anda dihantui perasaan tersebut, perhatikan empat hal berikut ini agar kembali termotivasi dan tetap bersemangat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai karyawan.


Dapatkan perspektif
Cobalah merenung dan "bercermin" untuk melihat kembali capaian yang telah anda raih. Dari situ, kita akan mendapatkan perspektif mengenai aspek-aspek apa saja yang dapat ditingkatkan untuk menjadikan hidup bermakna.

Buatlah catatan kecil atas kinerja selama ini guna melihat seberapa jauh langkah yang telah anda lakukan, serta apa saja yang menjadi tantangan terbesar. Dengan memiliki target atau tujuan yang jelas, kita dapat terhindar menjadi orang yang patah semangat dan sering mengeluh.

Cintai pekerjaan
Bekerja menjadi karyawan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan. Namun, apa jadinya apabila pekerjaan yang kita dapatkan tidak sesuai dengan minat atau bakat yang kita miliki? Hal ini tentu dapat membuat diri anda merasa letih dan bosan sehingga bisa menggangu kinerja serta mengusik kenyamanan rekan sekantor anda. Itulah sebabnya, capaian yang diraih seorang acap tidak maksimal lantaran pekerjaan yang ia dapatkan tidak sesuai dengan passion.

Oleh sebab itu, cintailah pekerjaan yang anda miliki saat ini. Cobalah telisik lebih dalam lagi untuk melihat hal-hal menarik yang ada di dalamnya, yang belum sempat anda lihat dan rasakan.

Perkaya wawasan
Memperkaya wawasan atau informasi bisa membuat anda semakin termotivasi dalam berkarya. Misalnya membaca biografi orang-orang sukses didunia. Anda bisa mengunjungi toko buku terdekat untuk membeli buku-buku tersebut. Atau bisa juga berselancar didunia maya untuk mendapatkan kiat-kiat dari orang-orang sukses tersebut.

Pelajari dengan saksama setiap pengalaman yang mereka miliki, dan cobalah anda terapkan pada kehidupan karier anda. mungkin tidak mudah melakukan apa yang terdapat pada buku tersebut. namun, hal ini dapat memotivasi anda untuk terus menggali potensi dan kesempatan yang ada pada diri anda.

Utamakan keluarga
Keluarga merupakan salah satu motivasi terbesar bagi kebanyakan orang dalam bekerja. Orang-orang terdekat menjadi alasan bagi kita untuk terus bekerja keras mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan beragam. Oleh sebab itu, tanamkan dalam benak anda bahwa diri kita begitu diandalkan agar mereka bisa hidup layak dan bahagia.

Dengan mengutamakan keluarga, diri kita akan semakin termotivasi dan terus bersemangat dalam berkarya dan menciptakan hal-hal baru yang berguna bagi banyak orang.


Sumber : Kompas