11 September 2018

Karyawan Yang Jadi Favorit Perusahaan

Setiap orang pasti mendambakan perusahaan ideal sebagai tempat berkarya. Namun, pernakah terbesit jika perusahaan juga mencari karyawan yang ideal?

Banyak orang mengeluhkan susahnya mendapatkan pekerjaan. Bisa juga telah mendapatkan pekerjaan, tetapi merasa tidak nyaman dan ingin berpindah perusahaan. Selain itu, justru karyawan merasa perusahaan terlalu banyak menuntut. Kita sering mencari perusahaan yang memberikan penawaran yang terbaik. Namun, seperti apa karyawan yang di inginkan perusahaan.

Pertama, disiplin. Karyawan yang datang tepat waktu disukai perusahaan. Bagi perusahaan, karyawan yang datang tepat waktu menunjukkan komitmen dalam bekerja. Karyawan juga akan dipandang menghargai waktu dan efisien dalam bekerja.

Kedua, bekerja keras dan bekerja cerdas. Banyak karyawan bekerja keras, tetapi tidak berpikir panjang agar pekerjaan dilakukan lebih efisien. Ada pula karyawan yang hanya bekerja cerdas, yaitu dengan menimpakan sebagian besar pekerjaannya untuk dikerjakan anak buah atau orang lain dan lebih memilih bersantai.

Perusahaan sebenarnya menginginkan karyawan bekerja keras untuk mencapai target dan produktivitas tinggi. Disamping itu, perusahaan juga menginginkan karyawan terbuka dalam melontarkan ide-ide baru yang mendukung pekerjaan. Karyawan yang seperti inilah yang akan menguntungkan perusahaan.

Ketiga, jujur dan bertanggung jawab. Prilaku jujur memang tidak tergantikan. Bila seorang karyawan jujur, perusahaan bisa menaruh kepercayaan lebih terhadap karyawan. Perusahaan memandang karyawan yang jujur tidak akan merugikan perusahaan. Apalagi selain jujur, karyawan juga bertanggung jawab atas pekerjaannya. Kepercayaan perusahaan terhadap karyawan pun meningkat.

Keempat, terbuka pada hal-hal baru. Ini juga bisa berarti karyawan mau menerima inovasi dan mempelajari hal yang belum pernah dihadapi sebelumnya. Karyawan yang fleksibal dalam menghadapi perubahan dikantornya membuat perusahaan lebih tenang.

Kelima, komunikatif. Komunikatif disini bukan berarti karyawan banyak bicara. Komunikatif diartikan karyawan mampu mengomunikasikan ide-ide dan pendapatnya dengan baik. Di sisi lain, karyawan juga mempunyai kemampuan mendengar semua pendapat dan masukan orang dan menanggapinya dengan positif. Sikap komunikatif semacam inilah yang disukai perusahaan dari karyawan.

Keenam, cekatan. Perusahaan menyukai karyawan yang bekerja dengan lincah dan cepat. Jika ditambah dengan kualitas hasil kerja yang baik, perusahaan akan semakin menyukai karyawan tipe ini. Apabila menemukan karyawan yang cekatan dalam mengerjakan tugas, perusahaan akan berusaha mempertahankannya.

Ketujuh, rendah hati dan tidak egois. Sikap yang rendah hati membuat karyawan akan lebih disegani. Sebaliknya, karyawan yang sombong dan egois akan lebih cenderung memanfaatkan celah untuk mendapatkan keutungan bagi diri sendiri, bahkan dengan cara negatif sekalipun. Karyawan yang tidak egois akan lebih mengutamakan kepetingan bersama dan bekerja dengan mengutamakan tujuan dan misi perusahaan.


Sumber : Kompas